id
Select Country
Search Icon
close icon
ARCHIFYNOW > NEWS > PRESS RELEASE Public Expose 824 Universitas Tarumanagara 2018

PRESS RELEASE - Public Expose 8.24 Universitas Tarumanagara 2018

BY
fb icon
wa icon
email icon

JAKARTA, 12 Februari 2018 – Setelah beberapa periode berjalan dalam ranah internal, tahun ini mahasiswa arsitektur dengan Jurusan Arsitektur Universitas Tarumanagara membawa pameran PE (Public Expose) 8.24 dengan cara baru yaitu menghadirkannya ke ranah publik. Pameran PE yang diselinggarakan di Jakarta Creative Hub ini berjalan dalam tema “What Happens in Space: Architecture and MultiProgrammes”. 

PRESS RELEASE - Public Expose 8.24 Universitas Tarumanagara 2018

Foto: Display Public Expose yang diselenggarakan di Jakarta Creative Hub 

WHAT HAPPENS IS SPACE?

Berlangsung dari tanggal 12 -17 Februari 2018, pameran PE 8.24 memamerkan karya tugas akhir pilihan yang dianggap  ampumemberikan alternatif arsitektural dalam eksplorasinya terhadap gagasan mengenai ruang, arsitektur, program, dan relasi yang terbentuk di antaranya. Tema “What Happens in Space: Architecture and MultiProgrammes” menuntut lahirnya kecairan pada program dalam rekombinasinya yang mengkritik ‘arsitektur’ dalam perannya: hanya sebagai bentuk struktural kota.

PRESS RELEASE - Public Expose 8.24 Universitas Tarumanagara 2018

Foto: Karya Terbaik Tugas Akhir Mahasiswa Universitas Tarumanagara

Sejalan dengan visinya, program menjadi oposisi terhadap arsitektur sebagai kebutuhan komposisi semata; program mengkritik aspek non fisik dari bentuk, sebagai cosa mentale. Layaknya tubuh (bentuk) dan jiwa (program), keduanya dituntut untuk saling melengkapi satu sama lain sebagai arsitektur di antaranya. Konten itulah yang mendasari setiap proyek yang dipamerkan dan juga terlebih dalam rancangan display yang juga menjadi instalasi interaktif dalam pameran PE 8.24. 

Selain dikurasi oleh Jurusan Arsitektur Universitas Tarumanagara, karya tugas akhir pilihan ini juga dijurikan secara terbuka oleh Realrich Sjarief dari RAW Architecture dan Noviardi Prasetya dari Atelier UNA. Pada penghujung pameran, PE 8.24 memiliki acara penutupan berupa Architecture Talks: ARCHIPRENEUR yang akan dibawakan oleh Mande Austriono dari DFORM Studio.

TENTANG PUBLIC EXPOSE (PE)

PE (Public Expose) telah menjadi sebuah pameran arsitektur semianual yang diselenggarakan oleh mahasiswa arsitektur Universitas Tarumanagara yang berkolaborasi dengan Jurusan Arsitektur Universitas Tarumanagara. Pameran ini menampilkan karya tugas akhir pilihan. Setiap semesternya, pameran PE hadir dengan tema aktual yang berbeda-beda karena Universitas Tarumanagara menyadari suatu fakta bahwa arsitektur terus menerus mengalami eskalasi perubahan dalam berbagai aspek dan masing-masing perubahan itu memendam makna tersendiri. Dengan mengimplementasikan isu aktual dalam perubahan arsitektur tersebut sebagai tema utamanya, mahasiswa arsitektur dimaksudkan untuk menjadi lebih sadar akan perannya dalam kehidupan bermasyarakat. 

PRESS RELEASE - Public Expose 8.24 Universitas Tarumanagara 2018

Foto: 24 Maket  Mahasiswa Akhir Terbaik dipamerkan di Acara ini

Public Expose telah mengundang beberapa tokoh arsitektur sebagai juri dalam penjurian karya tugas akhir pilihan seperti Jusuf Setiadi, Ardi Jahya, dan Surjono Kurnianto dari Airmas Asri, Dimas Satria dan Ardy Hartono dari DUA Studio, Branata Purnama, dan Wanlie dari Wa+LL Architecture. 

TENTANG UNIVERSITAS TARUMANAGARA 

Universitas Tarumanagara memiliki Jurusan Teknik Arsitektur swasta tertua di Indonesia yang berdiri sejak tahun 1962. Program Studi Arsitektur Tarumanagara selalu berusaha memposisikan dirinya sebagai program studi arsitektur yang unggul dan dikenal luas di dalam negeri maupun manca negara.

#tanyabluprin tanpa biaya!

fb icon
wa icon
email icon
Archifynow
blog platform
ArchifyNow is an online design media that focuses on bringing quality updates of architecture and interior design in Indonesia and Asia Pacific. ArchifyNow curates worthwhile design stories that is expected to enrich the practice of design professionals while introducing applicable design tips and ideas to the public.
More from archifynow
close icon