Select Country
Search Icon
ARCHIFYNOW > HIGHLIGHTS > Bagaimana Cara Menghitung Luas Tanah dalam Berbagai Bentuk Simak Langkahnya

Bagaimana Cara Menghitung Luas Tanah dalam Berbagai Bentuk? Simak Langkahnya!

BY
©Shutterstock

Ketika melakukan transaksi jual-beli properti, Anda pasti akan dihadapkan pada urusan perhitungan luas tanah dan bangunan. Dengan mengetahui luas tanah yang tepat, pemilik properti dapat menentukan harga yang sesuai dengan pasaran.

Jika tidak diukur dan dihitung dengan tepat, penjual atau pembeli pun bisa rugi. Meski Anda bisa dibantu oleh tenaga profesional untuk menghitung luas tanah yang hendak Anda beli atau jual, tidak ada salahnya untuk mengetahui sendiri bagaimana cara menghitung luas tanah yang ada.

Selama ini, Anda pasti telah mengetahui rumus sederhana menghitung persegi dan persegi panjang. Pada kenyataannya di lapangan, bentuk tanah properti tidak selalu berbentuk persegi dan persegi panjang. Ada kalanya tanah berbentuk segitiga, bahkan tak jarang tanah berbentuk tidak beraturan sehingga perlu cara khusus untuk menghitung luas tanah tersebut.

Berikut ini kami sajikan 4 cara menghitung luas tanah untuk membantu Anda memahami rumusnya. Semoga membantu!

Cara menghitung luas tanah di sertifikat

Untuk mengukur luas tanah di sertifikat, Anda harus mengetahui skala yang digunakan dalam sertifikat dan rumus untuk mengetahui luas tanah sebenarnya. Rumusnya cukup mudah, yakni:

Panjang sebenarnya = ukuran panjang di sertifikat : skala

Lebar sebenarnya = ukuran lebar di sertifikat : skala

Luas tanah sebenarnya = panjang sebenarnya × lebar sebenarnya

Bagaimana Cara Menghitung Luas Tanah dalam Berbagai Bentuk? Simak Langkahnya!

©Wiyoga Nurdiansyah Architects

Artikel Lainnya: 6 Desain Interior Rumah yang Bikin Ruang Lebih Luas  dan Efisien

Cara menghitung luas tanah persegi

Tanah dengan bentuk persegi dan persegi panjang adalah bentuk yang paling mudah untuk dihitung luas tanahnya. Cara menghitung luas tanah persegi menggunakan rumus baku perhitungan luas persegi, yakni sisi × sisi. Anda cukup mencari tahu ukuran tiap sisi tanah dan mengalikannya.

Sementara itu, cara menghitung luas tanah persegi panjang menggunakan rumus perhitungan luas persegi panjang, yakni panjang × lebar.

Bagaimana Cara Menghitung Luas Tanah dalam Berbagai Bentuk? Simak Langkahnya!

©Wisnu Senjaya Architects

Cara menghitung luas tanah tidak beraturan

Terkadang, ada tanah yang memiliki bentuk tidak beraturan. Untuk menghitung luas tanah tidak beraturan seperti trapesium, Anda perlu menggunakan rumus perhitungan luas trapesium, yakni ½ × (jumlah rusuk sejajar) × tinggi.

Bagaimana Cara Menghitung Luas Tanah dalam Berbagai Bentuk? Simak Langkahnya!

©arcadia

Artikel Lainnya: 6 Tips Menata Ruangan Luas Agar Lebih Homey

Cara menghitung luas tanah segitiga

Dalam cara menghitung luas tanah segitiga, Anda perlu mengetahui bentuk segitiga dari tanah yang hendak dihitung: apakah tanah tersebut berbentuk segitiga siku-siku atau berbentuk segitiga sembarang. Tiap bentuk segitiga akan memiliki cara menghitung luas tanah yang berbeda.

Cara menghitung luas tanah segitiga siku-siku, yakni ½ × panjang alas ×  tinggi

Jika tanah berbentuk segitiga sembarang, rumus perhitungan luasnya adalah:

s × (s-a) × (s-b) × (s-c).

S merupakan keliling tanah yang bisa dihitung dengan rumus ½×(a+b+c), sedangkan a,b, dan c merupakan ukuran masing-masing sisi tanah.

Bagaimana Cara Menghitung Luas Tanah dalam Berbagai Bentuk? Simak Langkahnya!

©RASSAMUDRA

Demikianlah 4 cara menghitung luas tanah yang tepat dan akurat. Selain menggunakan rumus-rumus tadi, Anda bisa menggunakan aplikasi maupun meminta bantuan arsitek untuk mengukur luas tanah dengan lebih akurat. Kunjungi Archify untuk menemukan arsitek dan desainer interior yang siap membantu Anda mewujudkan rumah impian. Ada pula berbagai tips dan kumpulan desain sebagai inspirasi dalam perencanaannya.

Emilia Nuriana
Contributor
Emilia is a Jakarta-based content writer. She was graduated from Communication major from Universitas Indonesia.
More from archifynow