id
Select Country
Search Icon
close icon
ARCHIFYNOW > TIPS & IDEAS > Trik Menyiasati Kamar Mandi Mungil

Trik Menyiasati Kamar Mandi Mungil

BY
fb icon
wa icon
email icon

Keterbatasan lahan tidak hanya terjadi pada ukuran ruang tamu atau kamar tidur, tetapi bisa juga pada ukuran kamar mandi yang tidak terlalu luas. Namun, memiliki kamar mandi mungil bukan berarti Anda tak bisa menikmati kenyamanan saat beraktivitas di dalamnya. Dengan desain dan penataan yang tepat, kamar mandi mungil bisa tampak lebih lega dan nyaman.

Posisi Perangkat Saniter

Atur posisi saniter dengan baik agar alur ruang menjadi lebih lega. Sebaiknya, jangan menempatkan kloset tepat di depan pintu. Selain alasan keindahan visual, tampilannya membuat ruang terlihat lebih sesak pada saat pintu dibuka. Lebih baik hal pertama yang tampak saat membuka pintu kamar mandi adalah wastafel atau dinding polos. Dengan begitu kamar mandi terkesan lebih luas.

Kamar Mandi Mungil

Foto: freshome

Kamar Mandi Mungil 1

Foto: aldeas

Pilih Warna Cerah untuk Dinding

Penerangan yang cukup membantu menampilkan kesan luas pada kamar mandi mungil. Jika tidak memungkinkan menghadirkan bukaan untuk masuknya pencahayaan alami, gunakan lampu berwarna putih untuk menerangi kamar mandi. Berikutnya, pilihlah warna dinding berwarna cerah seperti putih, biru muda, atau krem. Anda juga bisa mengaplikasikan wallpaper bermotif pada setengah bagian dinding namun pilih motif yang simpel agar ruangan tidak terkesan penuh.

Kamar Mandi Mungil 2

Foto: bathroomideasdesignsdecors

Kamar Mandi Mungil 3

Foto: Freshome

Artikel lainnya: Memilih Hunian Idaman – Rumah atau Apartemen?

Gunakan Kaca Cermin

Cermin merupakan salah satu elemen yang paling ampuh menciptakan kesan luas pada ruang sempit. Efek pantul yang dihasilkan membuat ruangan terkesan lebih luas. Oleh sebab itu, gunakan kaca cermin di sudut-sudut tertentu seperti di atas wastafel.

Kamar Mandi Mungil 4

Foto: freshome

Kamar Mandi Mungil 5

Foto: sunter_icon ©koerie_design

Gunakan Shower

Selain dapat menghemat pemakaian air, penggunaan shower juga tidak menghabiskan space di kamar mandi karena instalasinya yang ditanam di dinding. Perhatikan jalur pemipaan air bersih yang tersambung ke shower agar air yang mengalir deras dan tidak tersumbat. Selain itu, hindari elemen masif seperti partisi kaca untuk membatasi area shower. Shower curtain dapat menjadi alternatif untuk Anda.

Kamar Mandi Mungil 6

Foto: shoestringstylist

Kamar Mandi Mungil 7

Foto: familyfocushomes

Simpan yang Tidak Terpakai

Tanpa disadari, kamar mandi Anda sebenarnya menjadi sempit karena aksesoris yang tidak perlu. Segera singkirkan barang-barang yang tak terpakai sehingga memungkinkan Anda bergerak bebas di sekitar ruangan.

Kamar Mandi Mungil 8

Foto: decobizz

Kamar Mandi Mungil 9

Foto: tinybathroomideas

Artikel lainnya: Inspirasi Tangga Rumah Minimalis

Trik Menyiasati Kamar Mandi Mungil

fb icon
wa icon
email icon
Archifynow
blog platform
ArchifyNow is an online design media that focuses on bringing quality updates of architecture and interior design in Indonesia and Asia Pacific. ArchifyNow curates worthwhile design stories that is expected to enrich the practice of design professionals while introducing applicable design tips and ideas to the public.
More from archifynow
close icon